12 Oktober 2018

Puluhan Siswa SDN Karangsari 2 Ikuti Sosialisasi PPA

Puluhan siswa SDN Karangsari 2 yang mengikuti Sosialisasi PPA.

SD Negeri Karangsari 2 Kota Blitar, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), yang diadakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Penduduk Keluarga Berencana Kota Blitar (DP3AP2KB). Pada Kamis (11/10), diikuti siswa-siswi kelas 4,5,6 dan juga sebagian guru yang tidak mengajar untuk mendampingi kegiatan itu.

Samuji, Kepala SD Negeri Karangsari 2 Kota Blitar mengatakan, tujuan diadakan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dini terhadap anak, mengenai masalah anak. Di jaman sekarang seiring dengan majunya teknologi, banyak anak yang terpengaruh terhadap teknologi. Untuk itu perlu diimbangi dengan sosialisasi, terkait dengan pengetahuan permasalahan anak seperti bulying, pelecehan seksual, kekerasan terhadap anak, dan sebagainya . 
“Jika sejak dini mereka tahu, bisa meminimalisir terjadinya tindakan negatif yang menimpa anak,” kata Samuji. 

Samuji menambahkan, sosialisasi ini banyak menambah wawasan dan pengetahuan,  bagi anak didik, sehingga mereka mampu bersikap, berperilaku, dan beretika sesuai norma yang berlaku. Adapun materi yang disampaikan dalam sosialiasi diantarannya, pengenalan nama baru, bulying, kekerasan seksual, kekerasan ekonomi terhadap anak, serta hak hidup anak. 

Yulis Hastutik, narasumber sosialisasi PPA menjelaskan, selama ini masih sering ditemui tindakan kekerasan pada anak maupun perempuan. Bagi para korban bisa mendapatkan bantuan penanganan kasus melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak  (P2TP2A).  Menyediakan layanan hingga pendampingan hukum. Jika dalam kasusnya sudah tidak ada jalan tengah. 
“Pengurus P2TP2A baru saja dikukuhkan.Namun sudah siap memberikan fasilitasi bagi korban kekerasan,”kata Yulis.

Dalam sosialisasi itu, juga dibuka sesi tanya jawab dan diskusi. (Ayu)                  



Dibaca : 41