12 Juli 2018

Ketua LPA Indonesia Meminta Semua Kalangan Mendidik Anak dengan Kasih Sayang

Memasuki tahun ajaran baru, Dr. Seto Mulyadi, S.Psi, M.Si. Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia meminta para pendidik –orang tua dan para tokoh pendidikan terkait, untuk memberikan pembelajaran kepada anak dengan kasih sayang. Selain itu membuat anak nyaman dan betah untuk tinggal disekolah. Sehingga kurikulum yang menjadi patokan kegiatan belajar mengajar, seyogyanya memang untuk anak-anak. Semisal untuk tingkat taman kanak-kanak, pembelajaran lebih banyak untuk bermain dan bersenang-senang, bukan memaksa anak untuk berpikir berat tentang angka dan huruf.

Saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018 di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar-rabu 11 (07/18), Seto mengatakan pemilihan sekolah juga diserahkan kepada anak. Agar anak tumbuh dengan semestinya, tidak menjadi robot orangtuanya. Sehingga peran orang tua hanya memberikan pertimbangan dan referensi terkait dengan lembaga sekolah kepada anaknya.

“Mari kita beri kepercayaan anak untuk memilih tempat belajar.Agar mereka nyaman dan betah serta bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.Jika kita paksakan disekolah tertentu, bisa jadi anak hanya menjadi robot orang tua.Mereka hanya setengah hati dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu jangan lupa perlakukan anak dengan kasih sayang,”jelas Seto.

Lebih lanjut Seto menyayangkan kondisi saat ini. Masih ditemukan ketidakpedulian pada anak seperti adanya kekerasan pada anak-belum terpenuhinya hak-hak anak dan munculnya contoh tindakan menyimpang seperti tindakan korupsi dll. Semua itu pasti diamanati secara tajam oleh anak-anak. Untuk itulah Seto menhimbau kepada seluruh pemimpin mulai dari level pemimpin keluarga hingga pemimpin negara untuk selalu memberikan keteladan positif bagi anak dengan menjalankan ibadah dengan baik/ berbicara dengan santun dan lain-lain. Karena pada dasarnya anak membutuhkan seorang idola.(Ram) 



Dibaca : 23















Close