05 Juni 2018

PPDB Dari Jalur Inklusi Untuk Siswa Setingkat SMA di Blitar Raya Belum Diminati Masyarakat

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini, selain membuka jalur reguler,  dan jalur khusus, juga dibuka jalur inklusi. Jalur ini diperuntukkan bagi mereka, calon peserta didik yang berkebutuhan khusus, dengan prosentase sebesar 3%. Untuk wilayah Kota-Kabupaten ada 3 lembaga yang di tunjuk. Dengan rincian 1 lembaga di Kabupaten, yaitu SMAN 1 Kesamben, dan 2 lembaga di Kota Blitar, yaitu SMAN 4, dan SMKN 3 Kota Blitar. Namun sesuai pantauan dari Dinas Pendidikan cabang Blitar, sampai saat ini belum ada calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur inklusi. Demikian disampaikan Hartono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Blitar.

Hartono menjelaskan, ada beberapa persyaratan khusus untuk jalur inklusi, satu diantaranya harus mengantongi surat keterangan dokter. Sementara bagi calon peserta didik yang mengalami cacat berat, maka akan diarahkan untuk mendaftar ke Sekolah Luar Buasa (SLB). Menurut Hartono, kedua hal itu yang menjadi alasan, kenapa dijalur inklusi SMA-SMK belum ada yang mendaftar.

"Itu yang mungkin saja menjadi penyebab kenapa untuk jalur inklusi ini belum diminati. Kalau misal anaknya mengalami kebutaan berat, juga kita arahkan untuk ke Sekolah Luar Biasa saja" jelas Hartono

Suhartono menambahkan, untuk pendaftaran jalur prestasi, mitra warga, bidik misi dan inklusi sudah dibuka sejak tanggal 30 Mei - 04 (06/18). Sedangkan untuk jalur reguler akan dibuka mulai tanggal 25 - 28 (06/18). (Kir)



Dibaca : 58