05 Juni 2018

Kenalkan Karya Penulis Lokal Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar Gelar Bedah Buku “Rampogan Macan”

Selain mengenalkan buku karya penulis asli Kota Blitar, bedah buku ditujukan untuk menggali dokumen sejarah Kota Blitar, termasuk menumbuhkan minat baca dikalangan anak muda.

Drs Muchson MAp, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar, saat membuka bedah buku “Rampogan Macan” di Sasana Praja Pemkot Blitar, Selasa 05 (06/18) pagi mengatakan, buku Rampogan Macan : Tragedi Harimau Jawa di Jaman Kolonial yang ditulis Hery Setiabudi  ini berisi sejarah kebudayaan interaksi manusia dengan macan tutul. Muatan buku ini bisa memperkaya pergeseran nilai budaya, melalui perkembangan waktu dalam pergumulan antara budaya jawa dengan inggris dan belanda kala itu.

“Kita memang mencari konten lokal untuk menyemarakkan literasi, akhirnya ada rekan kita yang berhasil menulis buku, jadi kita bedah hari ini” Jelas Muchson.

Untuk menambah bobot acara, pihaknya sengaja mengundang 55 orang budayawan, sejarawan lokal, OPD, guru sejarah SMP, Kepala Sekolah SD, Dewan Kesenian Kota-Kabupaten Blitar dan Pemustaka Perpustakaan se Kota-Kabupaten Blitar. Diharapkan, dengan banyaknya peserta, melalui buku “Rampogan Macan”, bisa menambah wawasan tentang sejarah budaya bangsa dan lokal.

bedah buku “Rampogan Macan” menghadirkan nara sumber Didik Raharyono S.Si, Direktur Peduli Karnivora Jawa, Indah Iriani, Pengawas Dikmen Kabupaten Blitar bidang Sejarah dan Bahasa Jawa, serta Hery Setiabudi, penulis buku “Rampogan Macan” dan wong blitar. ( Yud )



Dibaca : 102















Close