09 April 2018

Ratusan Siswa kelas XII SMK Ikut Uji Sertifikasi

Selama 4 hari dimulai tanggal 09 (04/18), SMKN 3 Kota Blitar menyelenggarakan Uji sertifikasi Pariwisata, Bekerjasama dengan BNSP dan kementrian tenaga kerja. Diikuti sekitar 400 siswa, dari SMKN 3-SMK PGRI 2 dan SMK Islam As Salam. Dari jurusan tata boga –tata kecantikan dan tata busana. Bertempat di SMKN 3 Kota Blitar.

Yovita Wenti Efitasari, Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par), Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP)-P1 SMKN 3 Kota Blitar mengatakan seluruh pembiayaan ujian ditanggung oleh kementrian tenaga kerja. Sehingga para siswa tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Adapun sertifikat LSP yang diperoleh nantinya bisa digunakan siswa sebagai bekal untuk melamar pekerjaan. Karena ujian itu sudah tersertifikasi, sehingga diakui dunia industri kerja. Bahkan proses penilaian melibatkan tim dari luar daerah.

“Sebenarnya tujuan utama uji kompetensi, untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana kemampuan dan kompetensi siswa, apakah mereka sudah siap atau belum terjun ke dunia industri. Selain itu juga agar semua siswa kelas XII tahu bagaimana situasi dan kondisi industri kerja yang sebenarnya sehingga saat mereka lulus tidak terkejut dan bingung menghadapi dunia kerja,”jelas Yovita.

Sementara itu, Nazla Qolbi Ramadhania, siswi SMKN 3 Kota Blitar mengaku tidak memiliki persiapan khusus dalam ujian ini. Karena disekolah seringkali melakukan praktek. Sehingga pihaknya yakin bisa mengikuti ujian dengan baik.

“Hanya mengulang materi pelajaran dikelas X. Untuk yang materi kelas XI dan XII masih sangat jelas, karena disekolah seringkali melakukan kegiatan praktek,”kata Nazla.

Selama pelaksanaan ujian sertifikasi masing-masing siswa berhak untuk ikut uji tulis dan praktek ketrampilan sesuai jurusan. (Ram) 



Dibaca : 45