12 Maret 2018

Puluhan Warga Kelurahan Bendogerit Gelar Giat Prokasih

Minggu pagi 11 (03/18 )Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar menggelar Program Kali Bersih (Prokasih). Giat ini adalah program rutin tahunan kecamatan setempat dan dilakukan di seluruh kelurahan.

Lurah Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Sutiyan, S.Pd saat dikunjungi di ruang kerjanya Senin (11/03) menjelaskan bahwa giat Prokasih di wilayahnya dimulai sekitar pukul 06.30 WIB sampai 11.30 WIB. Ada sekitar 40-50 orang yang secara antusias dan bergotong royong ikut terjun ke lokasi yang ditentukan. Mereka terdiri dari tim kebersihan Kelurahan Bendogerit bernama “Sahabat Alam”, dibantu pihak kelurahan, seluruh perangkat RT-RW serta masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar sungai. Sementara untuk sungai yang dibersihkan diantaranya sungai yang berada di Jalan Mendut dan Jalan Simping.

“Masyarakat sangat antusias, mereka senang bergotong royong membersihkan sunga di sekitar mereka. Kelurahan Bendogerit itu punya grub kebersihan sendiri. Namanya kelompok Sahabat Alam. Sebelumnya kami sudah melakukan survey lokasi 2 kali, lalu ditentukan yang mana menjadi target Prokasih itu”, kata Sutiyan.

Mantan lurah Klampok ini menjelaskan bahwa warga yang turun ke sungai membawa sejumlah peralatan seperti garuk, sabit, cangkul, sapu dan alat kebersihan lainnya. Bukan hanya membersihkan sungai dari sampah tetapi warga juga mengambil sebagian pasir sungai, digunakan untuk tanah uruk menutup lubang yang berada di sekitar rumah warga. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada kecamatan atas adanya program Prokasih ini.

“Kami berterima kasih dengan adanya program ini. Karena banyak hal positif yang didapat. Misalnya sungai menjadi bersih, bebas sampah, tidak bau dan tentunya warga di sekitar sungai akan terbebas dari penyakit berbahaya seperti Demam Berdarah. Karena kebanyakan nyamuk kan bersarang di lokasi air yang kumuh dan kotor”, terangnya.(vik)



Dibaca : 81