13 Februari 2018

Antisipasi Masalah Sampah BLH Kota Blitar akan bangun 6 TPS baru

Pande Ketut Suryadi,SH,Kepala DLH kota Blitar

Pembangunan dilakukan untuk mempermudah petugas lapangan dari BLH dalam mengumpulkan sampah, terutama untuk memaksimalkan pengumpulan sampah dari semua Kelurahan di Kota Blitar yang biasanya menumpuk hanya di TPS tertentu. Selain itu pembangunan ini juga untuk menarik sampah warga, yang biasanya dikumpulkan 4 hari sekali, agar setiap hari dibuang ke TPS, sehingga meminimalisir timbulnya bau sampah di TPS.

Pande Ketut Suryadi SH, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Blitar mengatakan, dari evaluasi dan masukan petugas lapangan, saat ini memang sangat sulit merubah kebiasaan warga membuang sampah sembarangan. Apalagi saat ini kesadaraan warga memisahkan sampah basah,kering dan sampah organik di dapur masih rendah, sehingga diperlukan TPS baru di beberapa kelurahan, agar rotasi pemrosesan sampah bisa cepat.

“Kita bangun 6 dulu, kalau sudah berjalan, baru semua kelurahan. Kita ingin pembagian sampah bisa terlaksana di setiap rumah, jadi masalah sampah bisa teratasi. Terutama masalah bau yang sering dipermasalahkan” Jelas Pande.

Menurut Pande, tahun ini memang dibangun 6 TPS baru di 6 Kelurahan, diantaranya di Kelurahan Tlumpu, Kelurahan Karangtengah, Kelurahan Sentul dan Kelurahan Tanggung. Untuk setiap TPS, BLH sudah menyiapkan anggaran masing-masing 193 juta rupiah.
Sebenarnya rencana pembangunan TPS akan dilaksanakan di 21 Kelurahan di Kota Blitar, tetapi untuk tahap awal, pembangunan di lakukan di 6 Kelurahan, sebagai tempat percontohan pengolahan sampah. ( Yud )



Dibaca : 24