13 Februari 2018

Bakesbang Pol da PBD Kota Blitar Gelar Penyuluhan Pencegahan Miras dan Narkoba

Didik Hariadi,Asisten Pemerintahan dan kesra saat membuka penyuluhan.

Melibatkan peserta sekitar 150 orang dari unsur pelajar dan guru Bimbingan Konseling, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbangpol PBD) kota Blitar menyelenggarakan Penyuluhan, Pencegahan, Peredaran, Penggunaan minuman keras dan narkoba. Kegiatan berlangsung di Balikota Kusumowicitro kota Blitar,  Selasa 13 (02/18). Kegiatan yang dibuka Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat untuk mewakili walikota Blitar itu juga dihadiri kepala Bakesbang Pol PBD kota Blitar dan para nara sumber.

Drs. Didik Hariadi MA, M.si,  Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah kota Blitar mengatakan, saat ini memang sangat dikhawatirkan masuknya pengaruh miras dan narkoba di sekolah. Untuk itu dalam kesempatan itu juga berpesan agar para guru juga harus peduli terhadap anak didiknya dengan menggunakan waktu sebaik baiknya. Tidak hanya menyampaikan pelajaran saja, khususnya guru Bk juga melakukan pantauan terhadap anak didknya. Apalagi saat ini ada indikasi pengaruh negative miras dan narkoba dengan sasaran pelajar, yang dapat berdampak dapat menghancurkan masa depan mereka. Bisa jadi pelajar yang penasaran dan mereka awalnya ingin tahu, akhir mencoba dan bisa kearah yang lebih parah kecanduan yang berbahaya. Dengan pemantauan dan banyaknya kegiatan positif yang harus dilakukan. 

“ Tadi sudah saya tekankan, semua harus ikut serta dalam penanggulangan dan pemberantasan Miras dan Narkoba.Guru BP atau BK tidak hanya mengajar saja namun juga harus memantau anak didik. Jangan sampai ada yang terjerusmus Miras Narkoba,” kata Didik.
 
Sementara itu Warnoto, S.Sos, Kepala Bidang Ketahanan Daerah Bakesbang Pol PBD Kota Blitar mengatakan, sengaja menggelar kegiatan ini, untuk mengantisipasi dan membentengi para generasi muda dari pengaruh minuman keras dan narkoba. Sehingga, kegiatan seperti ini diharapkan bisa menekan peredaran miras dan narkoba di kota Blitar. 

Warnoto menambahkan, dalam kegiatan ini sengaja melibatkan para pelajar dan guru Bimbingan Konseling (BK) dari lembaga lembaga SMP, SMA/SMK dan MA di kota Blitar. Sesuai program dan kegiatan Bakesbang Pol PBD sengaja melibatkan mereka karena tidak ingin kecolongan ada anak pelajar terkena pengaruh miras dan narkoba. Untuk perlu ada langkah langkah untuk memberantasnya. Diharapkan setelah mengikuti penyuluhan, bersama para guru BK, para pelajar ikut serta mensosiaslisaikan kepada teman temannya disekolah.

“ Ini merupakan langkah untuk meminimalisir dan menanggulangi pengaruh miras dan narkoba. Selain ikut penyuluhan juga melakukan kegiatan kegiatan positif merupakan langkah yang tepat untuk memberantas Miras dan Narkoba,” kata Warnoto. 

Ada beberapa nara sumber yang menyampaikan materi dalam kegiatan ini. Diantaranya Huwahila Wahyun Yuha,SH, Kasatresnarkoba Polres Blitar Kota dengan materi Penyuluhan dan Penanggulangan Narkoba. Sri Untari, Amd.Kep dari Dinas Kesehatan Kota Blitar dengan materi tentang dampak alcohol/zat adiktif bagi kesehatan. Drs. Joko Nurbatin, DPC Granat kota Blitar dengan materi gerakan anti narkotika.(der)



Dibaca : 123