12 Februari 2018

Polres Blitar Kota Gelar Sispam 2018 Dalam Rangka Pengamanan Pilgub Jatim 2018

Jajaran Polres Blitar Kota saat menggelar lathan Sispam didepan kantor Walikota Blitar

Polres Blitar Kota beserta jajaran menggelar latihan Sistem Pengamanan (Sispam) dalam rangka "Menghadapi Pilkada Serentak Jawa Timur Tahun 2018". Acara digelar Senin pagi 12 (02/18) berlokasi di depan kantor Walikota Blitar. Turut hadir menyaksikan jalannya simulasi pengamanan Pilgub antara lain Walikota dan Wakil Walikota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Dandim 0808, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua KPU Kota Blitar. Simulasi berjalan lancar dan tertib. Ada beberapa skenario yang diperagakan personel kepolisian pada latihan Sispam, mulai dari proses kampanye, hari tenang kampanye, proses pemilihan dan penghitungan suara hingga simulasi penanganan masa yang ricuh. 

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, S.Ik., M.Si memaparkan bahwa Sispam ini sebagai upaya untuk menunjukkan kepada masyarakat kalau Polri siap melaksanakan pengamana selama berlangsungnya Pilgub Jatim 2018. Untuk itu pihaknya juga meminta agar seluruh pihak termasuk instansi pemerintahan menyadari peran dan fungsinya masing – masing. 

“Kami berharap nanti selama persiapan hingga pelaksanaan Pemilu bisa berjalan baik dan lancar. Karena selama ini dari seluruh laporan yang ada di wilayah, kondisi di Kota Blitar cukup aman terkendali”, ujar Adewira.

Sementara itu Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar, S.H., M.M saat dikonfirmasi usai acara mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan seluruh pengamanan kepada yang berwajib, TNI dan Polri. Sementara Pemerintah Kota Blitar akan mem-back up kinerja para aparat.

“Ya semoga saja seperti tahun – tahun sebelumnya, Kota Blitar tetap kondusif dan tidak terjadi kericuhan seperti apa yang ditampilkan pada simulasi pengamanan Pilgub Jatim 2018 tadi”, kata Samanhudi.

Pada saat pelaksaan Pemilu, sistem pengamanan yang akan dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah 1 TNI, 5 Polri dan 10 Linmas.(vik)



Dibaca : 60