18 April 2009

KPU Beri Kelonggaran Waktu Rekapitulasi

Banyaknya Parpol maupun caleg yang ikut meramaikan pesta demokrasi 9 April 2009 lalu, membuat proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat PPK berjalan alot, termasuk di Kota Blitar sendiri. Melihat fenomena ini KPU pun memberi kelonggaran batas waktu rekapitulasi penghitungan suara ditingkat PPK, dari jadwal sebelumnya tanggal 15 April mundur menjadi tanggal 17 april 2009. Padahal sebelumnya sesuai dengan tahapan, tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tahun 2009, sesuai Peraturan KPU No 20 tahun 2008, tanggal 16 sampai 19 April 2009, jadwal rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara di tingkat KPU Kabupaten/Kota.

Hal itu seperti diungkapkan Widianto Nugroho, Devisi Pencalegan dan Pendaftaran Pemilih KPUD Kota Blitar saat dikonfirmasi diruang kerjanya. Pemberian kelonggaran waktu proses rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara ditingkat PPK itu juga sesuai dengan SE KPU Pusat No 689/KPU/IV/2009 tertanggal 13 April 2009, menyebutkan bahwa PPK yang belum dapat menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu DPR, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota, sebagaimana telah ditetapkan 15 April, PPK diminta tetap menyelesaikan seluruh penghitungan suara tingkat Kelurahan/Desa, maksimal 17 April dengan ketentuan memperhatikan jadwal waktu rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara oleh KPU Kabupaten/Kota. Dengan estimasi 17 April rekapitulasi penghitungan suara di PPK selesai, KPU Kota Blitar menjadwalkan tanggal 18 April rekap berlangsung di KPUD Kota Blitar, dan tanggal 20 -21 April di KPU Propinsi Jawa Timur.

Sementara hingga 15 April 2009 kemarin, dari 3 PPK di Kota Blitar, baru PPK Kecamatan Sukorejo yang telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suarannya, sementara PPK Kepanjenkidul dan PPK Sananwetan belum selesai.(yuk/nw)