BERITA

PEMKOT BLITAR GELAR BIMTEK SP4N LAPOR!: BERDAYA DALAM MENANGANI PENGADUAN, BERSAMA TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

Admin Kota 24 Jun 2025 914x Share
img-berita

SIARAN PERS No. 485/49/410.111.2/2025

“PEMKOT BLITAR GELAR BIMTEK SP4N LAPOR!: BERDAYA DALAM MENANGANI PENGADUAN, BERSAMA TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN”

Selasa, 24 Juni 2025

Kota Blitar - Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik melalui SP4N LAPOR!, pada Selasa (24/6/2025). Acara yang dibuka secara resmi oleh Plh. Sekretaris Daerah Kota Blitar, Widodo Saptono Johannes berlangsung di Ruang Integrated System Center (ISC) Diskominfotik Kota Blitar dan diikuti oleh tim pengelola pengaduan dari seluruh perangkat daerah se-Kota Blitar.

Dengan mengusung tema “Berdaya dalam Menangani Pengaduan, Bersama Tingkatkan Kualitas Pelayanan”, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi tim pengelola pengaduan di Kota Blitar dalam menerima, menangani, dan menindaklanjuti permohonan informasi, aspirasi, serta keluhan masyarakat secara profesional dan efektif. 

Dalam sambutannya, Plh. Sekretaris Daerah Kota Blitar menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya bimtek ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas aparatur dalam pengelolaan pengaduan masyarakat. Pihaknya menegaskan bahwa pengelolaan pengaduan merupakan indikator penting dalam reformasi birokrasi dan pelayanan publik. 

“Pengaduan ini harus dikelola dengan baik. SP4N-LAPOR! dapat menjadi instrumen penting dalam menampung dan menindaklanjuti masukan dari masyarakat. Maka sinergitas antar-OPD perlu diperkuat untuk merespons aduan sesuai tupoksi masing-masing,” tegas Plh. Sekda Widodo.

Lebih lanjut, Plh. Sekda Widodo berharap agar para pejabat pengelola pengaduan di tingkat perangkat daerah memiliki kesiapan dan kecepatan dalam merespon aduan yang masuk melalui berbagai kanal. Mulai dari website SP4N LAPOR!, Unit Layanan Pengaduan Informasi Masyarakat (ULPIM), serta media sosial resmi instansi di lingkungan Pemerintah Kota Blitar.

Narasumber pada bimtek kali ini adalah Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Kota Malang. Kota Malang dipilih atas keberhasilannya menduduki peringkat kedua nasional dalam jumlah pengaduan terbanyak tahun 2024 berdasarkan data Kementerian PAN-RB, setelah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini menunjukkan tingginya partisipasi masyarakat dan kesiapan sistem di Kota Malang dalam menampung dan menindaklanjuti pengaduan secara responsif dan sistematis.

Dalam paparannya, narasumber menyampaikan pentingnya membangun budaya pelayanan publik yang terbuka terhadap kritik dan aduan. Terdapat sejumlah resiko terburuk jika aduan dari masyarakat tidak ditangani dengan bijak dan cepat. Risiko tersebut meliputi seperti menurunnya kepercayaan publik, potensi krisis kehumasan, bahkan dampak hukum bagi instansi jika pengabaian berdampak pada layanan vital masyarakat.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kota Blitar, Mujianto menegaskan bahwa ini ditujukan untuk memperkuat sistem dan pemahaman teknis pengelolaan aduan di tiap OPD.

“Kita ingin memastikan bahwa setiap pengaduan masyarakat ditangani dengan serius dan profesional. Bimtek ini juga untuk memperkuat kecepatan respon dan dokumentasi yang akurat sebagai bukti tindak lanjut,” jelasnya.

Peserta bimtek mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai mekanisme respon aduan, etika komunikasi dengan pelapor, pentingnya keterlibatan pimpinan dalam eskalasi kasus aduan, serta strategi penyusunan tindak lanjut yang terdokumentasi dengan baik.

Selain pembekalan materi, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang evaluasi terhadap tindak lanjut pengaduan yang telah masuk. Penekanan khusus diberikan pada kewajiban menyertakan dokumentasi sebagai bukti sah bahwa laporan telah ditindaklanjuti oleh OPD terkait.

Bimtek ini diharapkan menjadi titik awal peningkatan sinergi antar perangkat daerah dalam mewujudkan sistem pengaduan yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada perbaikan berkelanjutan. Pemerintah Kota Blitar terus berkomitmen dalam membangun sistem pelayanan publik yang terbuka, responsif, dan berkelanjutan. Setiap pengaduan masyarakat bukan sekadar laporan, melainkan peluang untuk perbaikan dan inovasi menuju pemerintahan yang lebih baik.

 

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Blitar

E-mail : pemkot@blitarkota.go.id

Telp/Faks : (0342) 801171

Twitter /Fb: @pemkotablitar

IG/Youtube/Tiktok : @PemkotBlitar

Website : www.blitarkota.go.id

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved