25 Maret 2011

Legislatif : Perlunya Relokasi RPH Babi

Untuk mengetahui tindak lanjut rekomendasi komisi II DPRD Kota Blitar, berkaitan relokasi RPH babi di Jl. Kaca Piring, Kamis (24/3), komisi bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kota Blitar melakukan hearing dengan Dinas Pertanian (Dinperta) Kota Blitar.


Suwoko, ST, MH, anggota komisi II DPRD Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, dilihat dari lokasi RPH babi ini sudah waktunya direlokasi, jika dalam perkembangannya pengguna RPH babi merasa keberatan jika harus memanfaatkan RPH babi di Kabupaten Blitar. Pemerintah Kota Blitar seharusnya mengkaji alternatif lokasi lain yang bisa digunakan untuk RPH babi, seperti opsi yang ditawarkan sebelumnya, di Lingkungan Balapan Jl. Jati dan disekitar IPAL Kelurahan Blitar. ”Karena dari pengamatannya, Dinperta belum melakukan kajian hal itu, sehingga diminta secepatnya mengambil tindakan,” imbuh Suwoko.


Sementara itu Drs.Teteng Rukmocondrono, Kepala Dinas Pertanian (Dinperta) Kota Blitar saat dikonfirmasi terkait dengan hal ini mengatakan, relokasi RPH babi masih wacana, karena sampai saat ini belum ada lokasi yang tepat untuk relokasi. Kendati sebelumnya ada sejumlah lokasi yang dijadikan alternatif relokasi, diantaranya bergabung dengan RPH babi milik pemerintah Kabupaten Blitar di Kademangan, di Lingkungan Balapan Jl. Jati dan IPAL Kelurahan Blitar, namun pihaknya mengaku hal itu masih sebatas wacana.


Saat ini di RPH babi di Jl. Kaca Piring ini, setiap hari menyembelih antara 1 hingga 2 ekor babi, sehingga jika harus menyembelih bergabung dengan Kabupaten Blitar, dirasa terlalu jauh dan kurang efektif bagi pengguna RPH babi.(yuk)